Selasa, 07 Agustus 2018

Cara Memilih Hp Gaming Biar Tidak Kecewa

Oleh Nur Abdillah updated Senin, 23 Jul 2018 | 03:18


Gambar terkait

Pada tahun 2019 nanti, hp gaming yang ada di pasaran diprediksi akan meningkat menjadi 38 persen dari 35 persen di tahun sebelumnya. Sedangkan untuk populasi mobile gamer, diperkirakan akan mencapai angka 54.7 miliar pengguna di tahun 2019. Itu artinya mobile gaming akan terus meningkat.
Hal ini memang sudah terlihat dari munculnya hp yang memang dikhususkan untuk gaming. Smartphone yang optimal untuk memainkan game-game berat ini memang memiliki spesifikasi terbaik. Harga yang ditawarkan memang tidak murah, karena dibekali semua yang terbaik. Ada Xiaomi Black SharkASUS ROG PhoneZTE Nubia Red Magic merupakan beberapa contoh hp gaming yang memiliki desain dengan bentuk khas gaming.
Namun, apakah semua hp gaming memang harus dibekali spek tinggi yang dibanderol dengan harga mahal? Tidak sepenuhnya benar, karena ada juga hp spek menengah dengan harga yang lebih terjangkau sudah sanggup menjalankan aktivitas gaming. Setidaknya ada beberapa faktor penting yang mempengaruhi yaitu kombinasi prosesor dan RAM.
Setidaknya menggunakan prosesor menengah dengan kapasitas RAM besar masih sangat dimungkinkan untuk memainkan game online populer saat ini seperti PUBG atau Mobile Legends. Nah, jika kamu adalah seorang mobile gamer yang ingin mencari hp gaming terbaik, tentunya ada beberapa faktor yang harus diperhatikan.
Berikut faktor yang harus kamu perhatikan ketika ingin membeli hp untuk gaming :

Ukuran Layar

Layar menjadi satu bagian penting dari aktivitas gaming. Seperti bermain game di PC, memiliki perangkat gaming dengan layar bagus dan resolusi tinggi adalah sebuah keharusan. Termasuk layar pada hp gaming. 
Disini, setidaknya kamu membutuhkan layar dengan ukuran minimal 5,5 inch. Namun ukuran yang lebih besar makin baik. Pilihan yang cukup mudah, karena saat ini hampir semua hp rilisan terbaru dilengkapi dengan layar berukuran lebar.
  • Kelebihan : kamu akan mendapatkan sudut pandang yang lebih besar
  • Kekurangan : bentuk hp akan semakin besar dan agak menyulitkan ketika dimasukkan ke dalam saku

Resolusi Layar

Demikian juga resolusinya, makin tinggi resolusi maka akan semakin nyaman mata saat bermain. Minimal resolusi yang harus dimiliki hp gaming adalah Full HD 1080p atau diatasnya.
  • Kelebihan : dengan resolusi yang tinggi, kamu akan mendapatkan gambaran yang lebih detail dari game
  • Kekurangan : layar resolusi tinggi akan semakin memberatan beban kerja prosesor dan grafis serta mengurasi baterai lebih cepat

Kapasitas RAM

Layaknya sebuah laptop gaming, semakin besar RAM tentu akan memastikan performa gaming yang maksimal. Jadi semakin besar RAM tentu akan semakin baik. Minimal kamu harus mencari hp gaming dengan minimal RAM 4GB atau lebih. Hp RAM 3GB memang masih sanggup, namun dengan RAM 4GB tentunya memastikan kamu bermain dengan nyaman.
  • Kelebihan : RAM besar akan membuat waktu proses loading lebih cepat dan membuat permainan lebih stabil
  • Kekurangan : harga hp akan semakin mahal

Prosesor dan GPU

Sebagai otak dari seluruh kinerja smartphone, prosesor tentunya memiliki peran yang cukup vital. Biasanya prosesor ini sudah disandingkan dengan kartu grafis bawaan. Dua perusahaan chipset yang biasanya banyak digunakan adalah Qualcomm dan Mediatek. Meski tak kalah baik, namun kualitas prosesor Snapdragon memang yang paling banyak dipilih.
Sampai saat ini, prosesor Snapdragon 625 atau diatasnya bisa menjadi pilihan terbaik di kelas menengah. Atau yang terbaru ada Snapdragon 636 dan 660. Hanya saja, jika mau yang lebih perform tentu kamu harus memilih hp dengan prosesor kelas flagship seperti Snapdragon 845 dengan harga yang tidak murah tentunya.
Satu hal lain, pastikan prosesor ini sudah dikombinasikan dengan memori RAM yang memadai. Pengalaman gaming yang pernah kami lakukan, kombinasi prosesor Snapdragon 636 dengan RAM 3GB masih sanggup menjalankan game-game online populer seperti PUBG dan Mobile Legends.
  • Kelebihan : menggunakan prosesor kelas flagship bermain dijamin lancar tanpa lag
  • Kekurangan : harganya sangat mahal

Kapasitas Baterai

Memainkan game tentu akan menguras baterai lebih cepat, terutama game dengan grafis tinggi. Termasuk diantaranya game online yang memaksa kamu menggunakan koneksi internet terus menerus. Apalagi jika hp kamu sudah dibekali layar resolusi tinggi, hingga prosesor cepat yang membutuhkan daya tinggi.
Untuk itu dibutuhkan hp gaming yang memiliki daya tahan baterai luar biasa. Hp dengan bateri 3000 mAh memang cukup, namun alangkah lebih baik jika memilih baterai dengan kapasitas 4000mAh atau lebih.
  • Kelebihan : kamu tidak akan terganggu oleh notifikasi baterai lemah ketika sedang asik bermain dan tidak sering mengisi ulang baterai
  • Kekurangan : akan mempengaruhi ukuran perangkat, terutama dalam hal ketebalannya karena baterai kapasitas besar memiliki ukuran yang lebih besar pula

Harga

Menjadi faktor yang menjadi penghalang konsumen untuk memilih hp yang digunakan untuk gaming. Untuk memenuhi semua spesifikasi yang sudah dijelaskan di atas, tentu ada harga yang harus dibayar. Tapi kamu juga masih bisa memilih hp gaming harga menengah yang cukup mampu untuk memainkan game favorit. Hanya saja, ada keterbatasan yang mungkin akan dialami, seperti bermain pada setingan low atau sedikit mengalam lag ketika bermain.  Jadi pertimbangkan kondisi keuangan kamu saat ingin membeli hp gaming terbaik.