Selasa, 07 Agustus 2018

Catatan Pasar Hp Dunia di Q2 2018, Huawei Geser Apple

updated Rabu, 1 Agu 2018 | 06:53




Berdasarkan laporan Counterpoint, di Q2 2018 ini pengiriman smartphone secara global mengalami penurunan sebesar 2%. Dimana ada 10 vendor besar yang menguasai pangsa pasar hingga 79%, menyisakan 600 lebih vendor lain yang saling berebut pangsa sebesar 21%. Penurunan ini diakibatkan pertumbuhan yang lambat di pasar seperti China, Amerika Serikat dan Eropa Barat.
Yang menjadi catatan menarik di Q2 2018 adalah munculnya Huawei yang menjadi brand yang mengalami penurunan di China namun berhasil menyook di posisi kedua pasar ponsel dunia menggeser Apple.
Lalu ada Xiaomi yang mencatat rekor pengiriman di India sebesar 112%. Bahkan pangsa pasar di luar China dan India, Xiaomi mengalami peningkatan hingga 186%. Untuk lebih jelasnya, berikut catatan menarik pasar smartphone dunia di Q2 2018:

Samsung

  • Di kuartal kedua 2018, meskipun mengalami penurunan penjualan sebesar 11% namun Samsung masih menjadi pemimpin pasar dengan pangsa pasar 20%.
  • Samsung mencatat rekor dengan berada di posisi pertama di pasar India.
  • Samsung nampaknya akan mempercepat perilisan Galaxy Note 9 untuk bersaing di segmen premium, sekaligus mengambil momentum sebelum Apple meluncurkan iPhone terbaru di bulan September.

Huawei

  • Di kuartal kedua 2018, Huawei mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam hal pengiriman hingga 41%. Menjadi perusahaan dengan pertumbuhan tercepat (21%) di tengah penurunan pasar China. Bahkan Huawei mencatat pertumbuhan hingga 70% secara global.
  • Huawei kembali melanjutkan upaya untuk ekspansi di luar pasar China yang menghasilkan pertumbuhan kuat di Eropa (+75%), MEA (+67%), dan di India (+188%).

Apple

  • Apple mengapalkan 41.3 juta unit iPhone selama kuartal kedua 2018 atau naik 1% dibanding periode yang sama tahun lalu. Kenaikan ini tidak terlepas dari kehadiran iPhone X yang masih menjadi penjualan terbaik selama kuartal berjalan.
  • Untuk pengiriman di China berjalan datar dari tahun ke tahun. Bedanya penjualan online mengalami pertumbuhan karena adanya iming-iming diskon di banding toko retail.
  • Apple di pasar India mengalami pertumbuhan yang lambat, padahal India merupakan pasar smartphone terbesar ketiga secara global. Di negeri Bollywood tersebut, Apple hanya mencatat pangsa pasar sebesar 1% dalam kuartal kedua 2018.

Xiaomi

  • Di kuartal kedua 2018, Xiaomi berhasil mengapalkan 33 juta unit smartphones, dan mencatat pangsa pasar sebesar 9% secara global.
  • Xiaomi masih menjadi salah satu vendor dengan pertumbuhan tercepat di kuartal kedua 2018 dengan pencapaian lebih dari 43%.  Pertumbuhan ini di dorong rekor pengiriman di India sebesar 112%. Bahkan pangsa pasar di luar China dan India meningkat hingga 186%.

OPPO dan Vivo

  • Menduduki posisi kelima dan keenam terbesar di kuartal kedua 2018. Dimana OPPO memiliki pangsa pasar 8% dan Vivo 7%. Yang menarik OPPO mencatat penurunan sebesar 3%, sedangkan Vivo tumbuh 1%.
  • OPPO dan Vivo memperkenalkan perangkat flagship melalui Find X dan Nex. Ekspansi yang cukup agrsif dari keduanya di luar pasar China akan menjadi kunci utama pertumbuhan.

LG

  • Lama tidak terdengar, rupanya LG masih bisa mengapalkan 10.2 juta unit smartphone di Q2 2018. Hanya saja, angka ini justru mengalami penurunan sebesar 23% akibat melemahnya penjualan hp LG di segmen menengah dan bawah di Amerika Utara dan Amerika Latin.

Lenovo

  • Bersama MotorolaLenovo hanya mencatat pangsa pasar sebesar 3% saja di Q2 2018 ini. Padahal brand Motorola sendiri sudah berhasil tumbuh, namun lemahnya penjualan hp Lenovo mempengaruhi pengiriman secara menyeluruh.

Nokia

  • Nokia berhasil mencatatkan nama mereka pertama kali di urutan 10 besar top smartphone dunia di Q2 2018. Keberhasilan ini tidak terlepas dari perluasan produk-produk Nokia yang telah diluncurkan.