Selasa, 07 Agustus 2018

Hp Dicas Tapi Baterai Tidak Mengisi, Ini Penyebabnya!

updated Kamis, 26 Jul 2018 | 09:30


Hp Dicas Tapi Baterai Tidak Mengisi, Ini Penyebabnya!

Baterai merupakan salah satu komponen utama dari sebuah smartphone. Tanpa baterai kita tidak mungkin dapat mengaktifkan dan menggunakan perangkat. Karena baterai menjadi sumber utama yang menyokong daya sebuah hp selama digunakan.
Daya tahan baterai ini tergantung dari jumlah kapasitas yang ditanam. Makin besar kapasitas baterai yang digunakan maka semakin lama daya tahan yang diberikan. Untuk hp keluaran terbaru biasanya sudah memasang baterai dengan kapasitas diatas 2000mAh. Bahkan sudah ada hp yang menanam baterai berkapasitas 10.000mAh.
Namun, yang patut menjadi perhatian dari sebuah baterai hp tidak hanya kapasitas saja, tapi juga seberapa lama komponen ini memiliki daya tahan maksimal. Daya tahan baterai memang bervariasi. Secara teknis, usia baterai hp memiliki siklus pengisian 300-500 kali dengan durasi antara enam bulan hingga dua tahun atau bahkan lebih. Tapi semua itu juga tergantung dari cara penggunaan. Jika kita 'ngasal' dalam penggunaan baterai, tentu akan berpengaruh pada daya tahannya.
Tidak hanya itu saja, penggunaan yang tidak teratur juga akan menimbulkan berbagai macam masalah. Salah satu yang paling sering ditemui adalah saat hp dicas atau diisi ulang tapi baterai tidak mau mengisi. Untuk itu, dalam pembahasan kali ini kami ingin coba mengulas mengenai masalah tersebut. Karena ada beberapa faktor yang menjadi penyebab yang mungkin bisa Anda tangani sejak dini.

Mengapa Baterai Tidak Mau Mengisi?

baterai tidak mau mengisi
Seiring dengan semakin cepat dan canggihnya sebuah hp, membuat daya tahan baterai terus terkuras. Apalagi dengan penggunaan yang terus menerus yang mengharuskan Anda mengisi ulang baterai lebih sering. Hanya saja masalah muncul ketika mengisi ulang daya tapi baterai tidak bertambah. Saat ini terjadi, kita tentu langsung mengambil kesimpulan bahwa baterai hp telah rusak. 
Sebelum menyimpulkan, Anda harus tahu bahwa ada beberapa masalah yang mungkin terjadi, yaitu baterai benar-benar tidak mengisi daya sama sekali atau mengisi tapi sangat lambat. Mengenai hal ini, sebenarnya ada beberapa faktor yang menjadi penyebab baterai tidak mengisi saat hp dicas. Faktor-faktor tersebut mencakup:

Hardware :

  • Komponen pendukung yang mengalami kerusakan seperti kabel, charger, sockets atau adaptor.
  • Kerusakan pada port charger. Kegagalan atau tidak terisinya baterai saat dicas bisa juga karena terjadinya kerusakan pada port charger yang ada di hp.

Software :

  • Error pada software, karena proses pengisian ulang baterai tidak hanya masalah hardware saja, tapi juga terkadang melibatkan software. Karena sebuah hp membutuhkan software untuk mendeteksi ketika ada charger yang terpasang. Jadi, jika software mengalami kegagalan deteksi maka proses pengisian pun akan gagal.
  • Aplikasi pihak ketiga yang diinstal. Tidak ada yang menjamin jika aplikasi yang tersedia di PlayStore cukup aman untuk hp Anda. Karena mungkin saja ada beberapa aplikasi boros baterai yang telah terinstal justru menguras daya bahkan mengganggu proses pengisian daya perangkat Anda.
  • Proses update OS yang tidak sempurna. Beberapa hp seri lama memang tidak banyak yang mendapat dukungan update OS terbaru. Faktor hardware yang kurang mendukung bisa menjadi penyebabnya. Jikapun beruntung mendapatkan update OS mungkin ada beberapa masalah yang bisa ditemui, salah satunya adalah pengisian ulang baterai yang berjalan lebih lambat.

Cara Deteksi Hp Dicas Tidak Mau Mengisi Daya

baterai tidak mau mengisi
Hp sudah menjadi perangkat yang tak bisa dilepaskan dalam kehidupan sehari–hari manusia saat ini. Maka tak heran, banyak orang yang akan melakukan segala upaya agar perangkat miliknya bertahan hidup. Namun, masalahnya, daya baterai sebuah hp tidaklah lama.
Apalagi bila terlalu sering dicas, hp akan rusak bahkan baterai tidak bisa mengisi daya baterai lagi. Bila hal tersebut terjadi pada Anda, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi baterai daya yang tidak bisa di isi ulang, yaitu :

1. Restart Hp

Cara pertama yang bisa dilakukan ialah mematikan hp agar semua sistem yang error kembali normal. Diamkan beberapa saat kemudian hidupkan kembali.

2. Periksa Kabel USB dan Power Adapter

Terkadang masalah pengisian ulang tak selalu pada perangkat. Masalah bisa juga timbul dari charger yang Anda punya. Bisa jadi kerena kabel USB mudah error karena sering terlipat. Bila kabel USB Anda yang rusak, sebaiknya beli Kabel USB bawaan hp yang asli agar dapat digunakan kembali tanpa resiko. Sekali lagi jangan gunakan kabel USB secara sembarangan.
Setelah kabel USB, Anda juga perlu memeriksa power adapter. Terkadang karena pemakaian yang salah, arus dari power Adapter berkurang sehingga baterai smartphone tidak terisi penuh. Cara mengeceknya, Anda bisa meminjam charger orang lain. Bila digunakan hp Anda terisi penuh, maka bisa dipastikan kabel USB atau power adapter Anda yang bermasalah

3. Periksa Port USB

Image via PocketNow
Terkadang Anda sebagai pengguna hp yang memiliki mobilitas padat sering mencabut kabel charger yang sedang terhubung ke perangkat secara kasar tanpa disadari. Hal ini bisa membuat port USB Anda error. Untuk mengatasi hal ini, tentu Anda harus membawanya ke tempat service resmi agar bisa dicek lebih lengkap.

4. Periksa Kondisi Baterai

Image via Geek.com
Jika semua hal di atas ternyata berjalan normal, maka penyebab baterai hp yang tidak bisa di isi ulang bisa saja karena kondisi baterai yang sudah rusak. Gantilah baterai sesuai dengan petunjuk dan ketentuan dari pabrik. 

Aplikasi untuk Mengecek Kesehatan Baterai

baterai tidak mau mengisi
Seperti yang sudah disebut, bahwa sebuah baterai memiliki batas hidup dengan siklus pengisian yang terbatas. Dan kita juga tidak mungkin menghitung sudah berapa banyak baterai diisi ulang. Namun tidak ada salahnya sekali-kali kita mengecek seberapa sehat baterai hp yang dimiliki. Dengan demikian, kita bisa mendeteksi lebih dini jika baterai perangkat sudah memasuki batas untuk dilakukan penggantian.
Untuk mendeteksi kesehatan baterai ini juga tidak sulit. Karena saat ini telah tersedia beberapa aplikasi untuk mengecek daya tahan baterai, berikut pilihannya : 

1. Ampere

Aplikasi ini bisa juga digunakan untuk mengetahui apakah hp Anda sedang diisi daya dan berapa banyak daya yang telah terisi. Ampere pada dasarnya mengidentifikasi berapa banyak arus yang ditarik dari perangkat saat sedang dicas. Sangat berguna untuk Anda yang mengalami masalah hp dicas tapi tidak mengisi sekaligus untuk melihat metode pengisian mana yang terbaik.
Ampere
143519 ratings
Offers in-app purchases
5,000,000+ downloads

2. Repair Battery Life PRO

Dengan aplikasi ini Anda dimungkinkan untuk melakukan ‘perbaikan’ baterai agar kembali sehat. Anda juga bisa melakukan kalibrasi ulang baterai yang berguna untuk mengembalikan performa baterai. Dan yang terpenting, aplikasi ini memungkinkan Anda mengecek seputar baterai, mulai dari suhu, sisa daya, arus dan lainnya. 
Repair Battery Life PRO
75 ratings
10,000+ downloads

3. Battery Life

Battery Life sudah tersedia untuk hp Android dan juga h berbasis iOS. Aplikasi ini mebawarkan penggunaan yang mudah untuk pengguna pemula. Melalui aplikasi ini, Anda bisa mengetahui persentase penurunan kinerja baterai. Tidak hanya itu, ada juga fitur yang memungkinkan Anda melihat berapa arus daya yang tersisa (dalam hal ini adalah mAh).
Sehingga bisa memperkirakan berapa lama lagi hp sudah harus diisi ulang. Battery Life juga memiliki fitur tambahan yang bisa digunakan untuk melakukan uji perangkat, clean memory dan lainnya.
Battery life - Checker Pro
141 ratings
50,000+ downloads
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa permasalahan hp dicas tapi tidak mau mengisi bukan semata-mata karena terjadi kerusakan pada baterai. Karena diluar itu masih ada beberapa faktor yang patut diketahui. Pastikan Anda melakukan deteksi awal sebelum memutuskan untuk membawa perangkat ke servis resmi yang bisa dipercaya. 
Semoga artikel ini bermanfaat!